Bandung : Usus Babi Goreng Kering

Makan daging Babi sih udah biasa. Perutnya, Lehernya, dan lain-lainnya. Tapi kalau Ususnya? Udah pernah coba?

Di Bandung ada 1 tempat yang jual Usus Babi (yang saya tau, nggak tau juga kalau ada tempat lain yang jualan juga). Usus Babi nya digoreng sampe kering banget trus digoreng lagi pake Kecap Manis dan Mentega. Jadi bisa juga dibilang Usus Goreng Mentega sebenernya.

Tempatnya ada di Jl. Tamim. Carinya gini, masuk Jl. Tamim yang ada di Jl. Jendral Sudirman itu, trus nanti setelah kamu ada di Tamim, ambil jalan kedua sebelah kanan. Nggak susah dicari karena dari ujung jalan udah kelihatan kompornya yang gede dan biasanya selalu rame. Nama tempatnya Yo Sun Bi. Tapi nggak ada plang namanya juga sih disitu, tapi kalau yang udah lama tinggal di Bandung sih biasanya tau.

Oh ini dia si Usus Babi Goreng Mentega yang magnificent itu.

Usus Babi
Usus Babi

Kepengen coba kan? Saya inget dulu almarhum oma saya suka bikin sendiri di rumah, tapi repot banget mencuci ususnya, ujung-ujungnya mendingan beli deh. Kalau ga salah satu porsi gini harganya 60 ribuan sekian, bisalah buat makan bertiga-berempat.

Di Yo Sun Bi tentu nggak cuma makan Usus Babi dong ya. Pesen juga Mie Gorengnya yang emang terkenal enak juga.

Mie Goreng
Mie Goreng

Iya, karena diangkat dari kompor besar, sampe meja kita makanannya masih ngebul-ngebul kepanasan kayak begini.

Yo Sun Bi juga terkenal dengan masakan Kodoknya. Kalo nggak salah malah ada Kodok Batu juga. Saya penggemar Kodok baik berupa Swike, Kodok Goreng Mentega, atau celengan Kodok berbentuk KeroKeroppi.

Kodok Cah Blumkol
Kodok Cah Blumkol

Ini masing masing menu kisaran harganya 60 ribuan ya, jadi nggak mahal nih kan bisa bertiga apa berempat. Kecuali kamu mau pacaran berdua sambil suap-suapan Kodok gendut ini :

Kodok Paha Gendut
Kodok Paha Gendut
Advertisements

8 thoughts on “Bandung : Usus Babi Goreng Kering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s