Bandung: Babi Panggang 55 Khas Kupang

Ada satu makanan yang selalu kebayang-bayang sejak pulang dari Flores kemaren. Makanan khas dari NTT sana, khususnya sih dari Kupang. Namanya Se’i Babi. Jadi betapa kaget dan senangnya saya pas tau di Cibadak ada yang jualan Nasi Se’i Babi ini. Langsung dong saya eksekusi, mau tau nih bener ga bisa menuntaskan kerinduan saya akan si babi asap ala Kupang.

Ternyata Se’i Babinya ga kalah sama yang kemaren saya coba di Ende. Empuk, gurih, dan terasa asap panggangannya. Sedap banget deh. Mana lagi ditambah sambal Kupang yang pedas-pedas nikmat. Nah Se’i Babi ini bisa kamu makan bareng nasi putih, mie yamien, roti bakar, bahkan indomie!

Karena saya doyan banget mie, saya pesanlah Mie Rica. Mienya yamien, bisa pilih mau manis atau asin lalu Se’i Babinya ditaruh di atasnya. Saya suka mie manis, karena si se’i babi ini kan udah gurih, lalu dimasak pedas bumbu rica. Jadi rasanya tuh nyampur semua di mulut, ya asin, manis, gurih, pedas.  Oh dan yang saya paling suka dari Se’i Babi Rica ini adalah dia dimasak pakai daun jeruk. Jadi kan harum yah. Ih ini Mie Rica juara deh pokonya.

Mie Rica
Mie Rica

Kemaren saya mampir lagi ke sana. Penasaran sama Indoba-nya. Apa itu Indoba? Indomie Goreng Babi! Duh ini sih guilty pleasure yah. Indomie goreng ditaburin Se’i Babi, bisa pilih mau asin atau rica. Nuff said.

Indoba, such a guilty pleasure
Indoba, such a guilty pleasure

Untuk harganya sebenernya agak mahal sih untuk ukuran makan kaki lima di Cibadak. Seporsi Mie Rica, Nasi Campur, dan bahkan Indoba dihargain 38 ribu. Tapi rasanya worth it soalnya denger-denger nih se’i-nya dikirim langsung dari Kupang. Dan kalau saya belum sebutin, dia kasih dagingnya ga tanggung-tanggung. Royal!

Nah Babi Panggang 55 ini adanya di Jalan Cibadak sebelah kanan. Pas banget di pertigaan Jalan Pajagalan. Jadi kalau kamu datang dari arah Jalan Pajagalan, mentok Cibadak ya udah langsung disambut spanduk kuning besar bertuliskan “Babi Panggang 55 Khas Kupang”. Ga mungkin ga keliatan deh.

Berapa kali ke sana belum pernah kebagian roti bakarnya nih. Lain kali mau coba roti bakarnya ah. Eh kalau kamu udah coba duluan, bolehlah komen-komen di bawah yah. 😀

Nasi Campur Se'i Panggang
Nasi Campur Se’i Panggang
10 thoughts on “Bandung: Babi Panggang 55 Khas Kupang

Leave a Reply

