Jakarta : Bakmie Aboen di Passer Baroe

Pasti pernah denger yang namanya Mie Gang Kelinci dong? pernah lah ya, jaman dulu sampe ada lagunya segala kok. (ketauan umur). Mie Gang Kelinci yang terkenal dari jaman mama papa kita itu (bahkan mungkin dari jaman nenek kakek ya) ada di area Pasar Baru, Jakarta.

Berhubung ini blog khusus membahas makanan berbabi dan Bakmie Gang Kelinci adalah Bakmie non Babi, maka tentu saja bukan Gang Kelinci yang mau diceritain disini.

Adalah Bakmie Aboen yang posisinya deket-deketan sama Bakmie Gang Kelinci, jadi carinya gampang, Bakmie Aboen ada di ujung gang sekitaran Bakmie Gang Kelinci, persisnya Gg. Kelinci no 16. Kalo sampe ga nemu, gunakan prinsip “malu bertanya sesat di jalan”, ok?

Bakmie Aboen - foto dari Joseph Sudiro
Bakmie Aboen – foto dari Joseph Sudiro

Sesuai namanya, menu utama yang dijual di Aboen adalah aneka macam Bakmie sampe ke Mie Goreng dll. Sebagai penggemar Bakmie kelas wahid, saya tentu saja tak akan melewatkan kesempatan mencoba Bakmie nya ;

Bakmie Aboen
Bakmie Aboen

Yang biasa pesen Yamien di Bandung kali suka pengen bilang Yamien Manis atau Asin. Tapi di Jakarta (juga di Medan, Siantar dll dl), yang namanya Yamien itu ya asin, tanpa kecap manis. Dan iya, yang ada di pinggiran mangkok itu adalah Yupo. Tau Yupo kan? Jadi Yupo ini adalah lemak Babi yang didapat dari hasil menggoreng lemak untuk jadi minyak Babi (bisa dipakai untuk menumis apalah di rumah). Nah, Yupo ini sisa-sisanya, bentuknya kayak krupuk kecil dan kriuk-kriuk. Jangan dipikirin kandungan lemaknya, kalau mau makan ya makan aja *sesat*.

Sempet bingung mau pesen apa untuk temen makan Bakmienya, Pangsit atau Baso. Nah, when in doubt, pesen aja semua ;

Baso + Pangsit
Baso + Pangsit

Untung dipesen dua-duanya, Basonya enak, Pangsitnya apalagi.

Tapi buat saya, yang istimewa dari Bakmie Aboen adalah Siomay dan Baso Gorengnya, foodgasm bangetlah udah. Yang bikin tambah enak adalah Sambel yang menyertainya. Pulang dari Aboen nenteng plastik berisi 10 Siomay dan 10 Baso Goreng.

IMG_2477
Siomay
IMG_2479
Baso Goreng (the best I’ve ever had)

Oya, kalau sempet makan di Bakmie Aboen, jangan lupa pake ini ya ;

Yang bikin tambah enak
Yang bikin tambah enak

Tempat makan yang konon sudah ada dari tahun 1962 ini bukan cuma jualan Bakmie, tapi ada juga Nasi Campur lengkap dengan Panggang Babinya. Lain kali saya kayaknya mau coba Nasi Campurnya, tapi tetep akan pesen Siomay sama Baso Gorengnya yang enak pake banget itu :D.

Soal harga lupa persisnya, tapi untuk 2 porsi Bakmie (pake Baso Pangsit), take away Siomay dan Baso Goreng, dan juga yang dimakan disitu, abis kira-kira 190ribuan. Sebanding deh sama enaknya.

Advertisements

2 thoughts on “Jakarta : Bakmie Aboen di Passer Baroe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s